JAMA'AH PERSATUAN ISLAM KIANGROKE MENGUCAPKAN: TAQOBALALOHU MINA WAMINKUM, SIAMANA, WASIAMAKUM,

KOTAK PENCARIAN

Rabu, 18 Agustus 2010

SABAR

Bulan Ramdhan adalah bulan Tarbiyyah (Bulan Pendidikan dan Latihan), Materi Pendiklat yang di laksanakan oleh umat islam dibulan ramadhan ialah Tarbiyyatu fi sobri (Diklat sabar), Ta'rif sabar dalam hadits dijelaskan : Al a'mali maaukrihat a'lahi nufus artinya : "Amalan yang nafsu dipaksa melakukannya" contoh dalam pelaksanaan shaum dibulan ramadhan kita disunatkan untuk sahur, dalam pelaksanaannya sahur adalah amalan yang nafsu dipaksa melakukanya. Konsep diklat ini yaitu memaksa nafsu untuk tunduk terhadap perintah Allah adalah Konsep yang penting dalam amaliyah maupun ubudiayah, a'la maa nakarohu khoerun katsirun: terhadap apa yang tidak kita sukai(hawa nafsu)terkandung kebaikan yang banyak.
Seandaikan melalui pelaksanaan shaum kita dapat meningkatkan kemampuan menundukan hawa nafsu maka kita akan menjadi orang yang ulet, tekun, gigih, istiqomah, tidak pernah putus asa, tidak menyerah terhadap keterbatasan kuat menghadapi tantangan, nilai-nilai tersebut sangat positif dan menjadi energi dalam kehidupan kita. orang yang berusaha menggapai nilai-nilai tersebut melalui shaum ini, dalam al-qura'an dikatakan : Wajaa'lna minhum aimatan lama sobaru artinya : Reword dari Alloh Swt. akan dijadikan oleh kami dari mereka orang yang sukses. bahkan ditambah rewordnya dengan alaika yutu ajruhum kepada kamu akan diberi ganjaran, yufu bighoiril hisab dengan ganjaran yang secukup-cukupnya tanpa hitungan.
Sahabat jabir r.a meriwayatkan, bahwa nabi sallallaahu alihi wasallam pernah ditanya tentang iman, lalu beliau menjawab: Asobaru wassamaahatu artinya sabar dan lapang dada, Assobaru kanjun min kunujil zannati sabar adalah salah satu perbendaharaan dari perbendaharaan-perbendaharaan surga, sabda nabi : assobaru-assobaru,ina sobaru afdholu a'mal : sabar-sabar sesunggunya sabar adalah amal paling utama.
Semoga dalam shaum tahun ini kita dapat meningkatkan kesabaran, dan kita diberikan oleh alloh kesempatan menjadi orang yang shaleh dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISLAMIC WEB DIRECTORI

PRAYER TIME

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:

Download Adzan